KPU Kuningan Tetapkan 891.960 DPT Pilkada Serentak 2024


KUNINGAN (KN),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, melakukan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Kuningan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, di salah satu hotel di kawasan Sangkanurip, Jumat (20/9/2024). 

Pj. Bupati Kuningan, Iip Hidajat, mengapresiasi kinerja KPU yang tepat waktu sesuai tahapan Pilkada Serentak 2024.

"Pemilu itu pesta rakyat tentunya harus dilaksanakan riang gembira, kondusif, aman dan lancar," harapnya. 




Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Asep Budi Hartono, mengatakan, sebagai akhir dalam pemutakhiran data yang kemudian ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap kemungkinan ada calon pemilih yang luput belum terdata maka dibuat Daftar Pemilih Tambahan ada juga Daftar Pemilih Khusus. 

"Hari ini kita akan melakukan Rekapitulasi dan Penetapan DPT
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024," katanya. 

Disebutkan, Pemilu Legislatif 2024 DPT 859.041, beberapa bulan yang lalu KPU menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2024 adalah 894.181, sekarang DPT 891.960 terdiri dari laki-laki 450.002, perempuan 441.958. Adapun jumlah TPS 1927.

Proses ini jumlahnya menurun karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, bisa karena calon pemilih meninggal dunia, pindah domisili keluar dari Kuningan dan perubahan status yang tadinya sipil menjadi TNI-Polri atau pemilih ganda. 

"Kami bangga kepada 160 PPK dan 1128 PPS yang sudah bahu membahu memproses dan memvalidasi calon pemilih sehingga pada hari ini kita melaksanakan Rekapitulasi dan Penetapan DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024," katanya. 

Kegiatan ini dihadiri Komisioner Kadiv Hukum dan Pengawasan, Aan Nasrudin. Kadiv Sosdiklih dan Parmas, Aof Ahmad Musyafa, Kadiv Perencanaan, Data dan Informasi, Maman Sudirman. Sedangkan Kadiv Teknis Penyelenggaraan, Yulianawati, 

Nampak hadir Pj. Bupati Kuningan, Forkopimda, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Kesbangpol, Bawaslu, Kepala BIN, Tim Bakal Pasangan Calon, Desk Pilkada 2024, Lembaga Pemantau yaitu KIPP, Deep, JPPR dan PPK se-Kabupaten Kuningan. 

Pewarta: deha. 

Diberdayakan oleh Blogger.