1363 Mahasiswa Baru Uniku Ikuti PKKMB




KUNINGAN,- Sebanyak 1.363 mahasiswa baru Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau dikenal dengan sebutan PKKMB tahun akdemik 2024–2025 di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku. 

Dilansir dari Humas Uniku, menyebutkan, kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru tersebut, rencananya akan digelar selama lima hari diawali technical meeting pada Sabtu (7/9) pagi kemarin, kemudian pelaksanaan mulai Senin (9/9/2024) hingga Kamis (12/9/2024). 

"Kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024 – 2025, dibagi menjadi tiga (3) gelombang. Gelombang pertama, dimulai pada tanggal 4 Desember 2023 – 17 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pada tanggal 18 Mei – 27 Agustus 2024. Sedangkan, untuk gelombang ketiga dimulai pada tanggal 28 Agustus – 6 September 2024 kemain," sebut Wakil Rektor III Uniku, Novi Satria Praja, saat Sidang Terbuka Senat Uniku, hari ini. 

Menurutnya, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Uniku tahun akademik 2024/2025 terbagi menjadi lima jalur yaitu Reguler, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik, Hafidz Quran dan KIP Kuliah.

"Jumlah pendaftar ke Uniku sebanyak 1.725 orang. Dengan jumlah yang diterima sebanyak 1.554 orang dan yang melakukan registrasi atau daftar ulang sebanyak 1.363 orang mahasiswa baru," sebutnya lagi. 

Adapun jumlah mahasiswa setiap fakultasnya terdiri dari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 521 orang Fakultas Hukum (FH) 85  dan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) 313.

"Sedangkan, untuk Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (FHL) 55 orang dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 377 orang. Dengan Program Studi (Prodi) yang masih menjadi primadona yaitu Prodi Manajemen, PGSD, Teknik Informatika (TI), Sistem Informasi (SI) dan Akuntansi," terangnya. 

Mahasiswa baru yang berkuliah di Uniku itu berasal dari delapan provinsi, yang mencakup 33 kabupaten/kota di Indonesia, yaitu Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Maluku, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. 

Sementara itu, Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, sebelum menyampaikan sambutan, ia mengawalinya dengan mengucapkan tiga buah pantun. Pertama, "Beli sepatu warnanya biru, dipakai sekolah di hari rabu, selamat datang mahasiswa baru, datang dengan semangat baru."

Pantun kedua, "Hari minggu ada si bolang, tontonan paling disukai anak pinggiran, selamat datang para pejuang, pejuang yang berperang dengan pikiran". Pantun ketiga, "Ke sekolah pakai baju baru, sebab yang lama telah robek, berseri – seri wajah mahasiswa baru, karena belum kenal tugas dan praktek." 

"Dengan penuh rasa syukur dan bangga, kami sampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru, peserta PKKMB Uniku tahun 2024," katanya. 

Lebih lanjut ia meyakini kehadiran mahasiswa baru adalah pilihan terbaik dan berkat kesungguhan dan ketetapan hati dalam menentukan pilihan untuk bergabung dan menjadi bagian dari civitas akademika Uniku.

"Saya selaku Rektor Uniku mewakili para pimpinan beserta segenap civitas akademika Uniku menyambut kehadiran kalian dengan ucapan selamat bergabung dalam wadah keluarga besar Universitas Kuningan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bermartabat dan sangat kita banggakan ini," katanya. 

Menurutnya, kepercayaan dari mahasiswa baru tentunya menjadi spirit dan energi baru buat Uniku untuk terus berupaya agar menjadi lebih baik, maju, dan berkembang bersama membesarkan Uniku untuk dikenal hingga ke level Nasional.

"Dan pada saatnya nanti dapat dikenal dan diakui di tingkat Internasional sebagai Universitas yang dibangun atas dasar Mental, Moral dan Intelektual,” ucapnya lagi menegaskan.

Ia menjelaskan, PKKMB merupakan kegiatan pengenalan yang terprogram yang disusun dalam upaya menyiapkan karakter mahasiswa baru, dalam melewati masa transisi untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

"Kegiatan PKKMB dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas," jelasnya.

Diterangkan, tujuan dari kegiatan PKKMB adalah menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika).

Kemudian, memperkenalkan system pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa sebagai insan pra-dewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar dan mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat.

"Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktek merdeka belajar: kampus merdeka, merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab serta mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang kreatif dan tangguh,” terangnya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) periode 2024, Roy Aldilah, mengucapkan selamat datang kepada rekan – rekan di kampus tercinta Universitas Kuningan, kampus kebanggaan bersama, tempat memulai perjalanan baru sebagai mahasiswa.

"Gelar mahasiswa yang kini kalian  sandang bukan hanya sebuah privilege, tetapi juga sebuah tanggung jawab moral dan sosial. Sebagai mahasiswa, peran kalian tidak hanya terbatas di dalam kelas, aktif di kelas dan berprestasi secara akademis memang penting, namun itu bukan satu-satunya jalan untuk menjadi mahasiswa yang berdaya saing," katanya. 

Kampus Uniku menawarkan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), bisa mengembangkan minat, bakat dan soft skill. Inilah tempat berproses menjadi individu yang utuh, tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga tangguh dalam menghadapi tantangan dunia nyata. Jadilah mahasiswa yang aktif, kreatif dan berprestasi baik di dalam maupun di luar kampus. 

Namun, jangan lupa rekan – rekan dengan segala keistimewaan gelar mahasiswa, ada komitmen yang harus diemban yaitu komitmen membela kebenaran, jangan pernah ragu untuk berdiri teguh dalam membela nilai – nilai kejujuran dan keadilan di lingkungan sekitar.

"Mahasiswa harus berani menjadi suara bagi mereka yang terbungkam, menjadi pelopor perubahan bagi mereka yang terbelakang dan menjadi penggerak bagi terciptanya masyarakat yang lebih adil dan sejahtera,”tegasnya.

Roy mengajak kepada seluruh rekan – rekan untuk menjalani peran ini dengan penuh tanggung jawab. 

"Jadikan setiap langkah yang kalian ambil sebagai wujud tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga, dan bangsa. Mari bersama – sama kita bangun masa depan yang gemilang, dan jadikan Universitas Kuningan (Uniku) sebagai tempat kalian mengukir sejarah hidup yang berarti. Hidup Mahasiswa !!! Hidup Rakyat Indonesia !!! Uniku Jaya !!!," pungkasnya. 

Pewarta: deha. 

Diberdayakan oleh Blogger.