PKM-PM Uniku Luncurkan Digitalisasi di Desa Mancagar


KUNINGAN,- Tim PKM-PM Universitas Kuningan (Uniku) telah melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Mancagar, Kecamatan Garawangi, dengan memperkenalkan Platform Desa "SIDESA".

Dilansir dari Humas Uniku, Kamis (8/8/2024), platform tersebut dirancang untuk menyediakan informasi desa yang dapat diakses kapan saja serta memudahkan pembuatan surat melalui sistem digital. Program yang berlangsung dari Mei hingga Juli ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya digitalisasi desa.

Kegiatan pertama berupa sosialisasi awal terkait pentingnya digitalisasi desa dan pengenalan konsep platform SIDESA dilaksanakan pada 11 Juni. Acara ini dihadiri oleh aparatur dan masyarakat Desa Mancagar, dengan harapan mereka memahami pentingnya digitalisasi dan potensi manfaat dari platform yang dikembangkan.

Pada 3 Juli, dilakukan peluncuran dan pendampingan untuk admin platform SIDESA kepada aparatur desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar aparatur desa dapat mengelola platform secara mandiri. Pelatihan ini juga dihadiri oleh aparatur desa yang akan bertanggung jawab atas pengelolaan SIDESA.

Ketua Tim Taskforce dari Universitas Kuningan, Neni Nurhayati, menjelaskan, kegiatan ketiga adalah sosialisasi Platform SIDESA kepada masyarakat, yang dilaksanakan di Balai Desa Mancagar pada pukul 09.00 WIB. menjelaskan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintahan desa.

"Platform SIDESA diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk menyampaikan informasi secara transparan dan cepat kepada masyarakat, serta mempermudah akses pelayanan publik," katanya. 

Kepala Desa Mancagar, yang diwakili oleh Kasi Pelayanan, menekankan bahwa platform ini memungkinkan masyarakat mengakses informasi terkini tentang kegiatan dan program desa secara online.

"Masyarakat kini dapat mengakses informasi seperti informasi desa, jadwal kegiatan, serta pelayanan administrasi secara online. Ini adalah langkah nyata kami untuk menciptakan pemerintahan yang lebih terbuka dan digitalisasi,” katanya. 

Sosialisasi dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan platform SIDESA oleh tim PKM SIDESA Universitas Kuningan. Masyarakat diajarkan cara mengakses informasi, mengajukan permohonan surat, serta memberikan masukan atau keluhan melalui fitur yang tersedia di platform.

Acara ini diakhiri dengan pengisian kuisioner untuk mengevaluasi user experience, yang akan menjadi dasar untuk evaluasi dan monitoring di bulan Agustus.

Dengan adanya Platform SIDESA https://sidesamancagar.id/ diharapkan Desa Mancagar dapat menjadi pelopor dalam penerapan teknologi informasi untuk pelayanan publik yang lebih baik. Inisiatif ini merupakan langkah awal yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan kualitas pelayanan publik di Desa Mancagar.

Selanjutnya evaluasi dan peningkatan berkelanjutan dan memberikan masukan melalui instagram pkmpm_sidesa hal ini memastikan bahwa platform ini benar-benar memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.

Dengan dukungan terus-menerus dari semua pihak, Desa Mancagar dapat menjadi pelopor dalam transformasi digital desa, memberikan manfaat nyata bagi seluruh komunitas. (*) 


Diberdayakan oleh Blogger.