Luar Biasa, Pemda Kuningan Biayai TdL ke-7 Hanya 200 Juta


KUNINGAN (KN),-Pemerintah Kabupaten Kuningan memberikan dana stimulan untuk pelaksanaan Lomba Balap Sepeda yang dikenal dengan nama Tour de Linggajati (TdL) pada tahun ini yang bersumber dari APBD sebesar Rp200 juta, padahal event tersebut berskala nasional. 

Hal itu dijelaskan Plh Sekda Kuningan, A. Taufik Rohman didampingi Ketua Panitia TdL ke-7, U. Kusmana, dalam keterangan persnya kepada sejumlah jurnalis di pendopo, Rabu (7/8/2024). 

Dikatakan, TdL yang biasanya diselenggarakan setiap Agustus selama tiga hari tetapi untuk TdL ke-7 tahun ini hanya satu hari karena agendanya berdekatan dengan Pilkada Serentak 2024. 

"TdL ke-7 tahun ini diselenggarakan satu hari dan bukan merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kuningan yang puncak acaranya 1 September," katanya. 

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, U. Kusmana, mengatakan, TdL ke-7 bekerja sama dengan Tribun Jabar sebagai event organizer. Pemda Kuningan memberikan dana stimulan dari APBD untuk kegiatan TdL ke-7 hanya Rp200 juta dari seluruh anggaran Rp750 juta. 

"Sedangkan yang 550 juta dari sponsorship seperti Pak Andi Gani 250 juta, BJB Kuningan 75 juta dan yang lainnya," sebut U. Kusmana. 






Aldi dari Tribun Jabar, menambahkan, TdL ke-7 dilaksanakan pada Sabtu (10/8/2024) dan besoknya, Minggu (11/8/2024) digelar berbagai kegiatan lainnya. 

Kelas yang dilombakan terdiri dari, IRR Men Youth, Women (Junior, Youth) & Master B, C jarak tempuh 12,7 Km (2 Lap). IRR Men Junior, Women EliteElite & Master A, jarak tempuh 12,7 Km (4 Lap). IRR Men Elite, jarak tempuh 16,1 Km (5 Lap). 

"Peserta TdL ke-7 dari Malaysia dan Indonesia dengan total hadiah Rp78 juta," sebutnya. 





Di tempat yang sama, Produser Eksekutif Karnaval SCTV 34, Aminudin, menjelaskan, acara Karnaval SCTV 34 bertepatan dengan Tour de Linggajati ke-7 dan dipandu oleh presenter Ben Kasyafani, Fanny Ghassani serta Dani Anwar. 

"Event ini bertepatan dengan ultah SCTV ke-34, maka nama judulnya Karnaval SCTV 34. Peran serta teman-teman media di daerah juga lebih berperan untuk mengajak masyarakat Kabupaten Kuningan meriahkan Karnaval SCTV," kata Aminudin. 

Karnaval SCTV 34 menampilkan artis dan grup musik papan atas, termasuk Syifa Hadju, Matta Band, Trio Jamila dan D'Masiv. Selain itu, artis sinetron seperti Anthony Xie, Eza Gionino, dan Erwin Cortez juga akan memeriahkan panggung.

"Sebelumnya pada Sabtu pagi, akan ada senam massal dengan target 300 peserta, jalan sehat, mewarnai, kesenian lokal, lomba tari dan angklung. Secara umum, anggaran tidak membebankan Pemkab Kuningan," katanya. 




Karnaval SCTV 34 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT RI dan Hari Jadi ke-526 Kuningan, mencakup berbagai acara seperti bakti sosial, ziarah makam leluhur dan pagelaran wayang golek. Penampilan Syifa Hadju dipastikan menjadi daya tarik yang ditunggu-tunggu. 

Pewarta: deha. 

Diberdayakan oleh Blogger.