Jelang Shalat Subuh, Ular Sanca Tiga Meter Kagetkan Warga Griya Bojong


KUNINGAN,- Warga Perum Griya Bojong, Kelurahan Awirarangan, Kecamatan Kuningan, Tatang Suhendar, ketika hendak melaksanakan shalat subuh di mushala, Selasa (6/8/2024), dikagetkan melihat ular sanca (python retuculatus) panjang ±tiga meter dan berat ±delapan kilogram yang masuk ke halaman rumah warga lainnya bernama Anang (54). 

Kepala Unit Pelayanan Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) Satpol PP, Andri Arga Kusumah, mengatakan, pihaknya menerima laporan keberadaan ular tersebut dari Security Perum Griya Bojong, Ade Rohadi (43)) ke kantor UPT. Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan (0232) 871113.

"Pukul 05:30 WIB empat anggota regu 1 menggunakan KR.4 RR UPT. Pemadam Kebakaran berhasil menangkap ular itu di Blok G No RT.06 RW.01 Perum Griya Bojong," sebut Andri dalam keterangan tertulisnya. 

Kendati tidak ada korban jiwa, apabila ular itu dibiarkan atau tidak dievakuasi (rescue) dikhawatirkan dapat membahayakan penghuni rumah dan warga sekitar yang sedang melakukan kegiatan.

"Anggota kami mengimbau kepada penghuni rumah dan warga sekitar agar menjaga kebersihan karena jika banyak sampah akan mengundang tikus yang menjadi mangsa ular," kata Andri dari telepon selulernya. 

Ular hasil tangkapan/evakuasi yang disimpan di kantor UPT Damkar untuk dilakukan rehabiliasi selama tiga hari hingga satu minggu. Biasanya ada komunitas pencinta reptil yang datang meminta ular untuk dijadikan koleksinya.

"Jika pun tidak ada yang datang, maka hewan itu akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang selanjutnya dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya," imbuhnya. 

Pewarta : deha.
Sumber : UPT Damkar.


Diberdayakan oleh Blogger.