Diseminasi KKN Uniku 2024 Ditutup


KUNINGAN,- Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024 Universitas Kuningan (Uniku) yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, bertema "Menciptakan Masyarakat yang Sehat, Unggul dan Produktif Menuju Desa Bangkit melalui Pemberdayaan Masyarakat”resmi ditutup. 

Dilansir dari Humas Uniku, diseminasi penutupan KKN 2024 berlangsung di Gedung Student Center (SC) Iman Hidayat Kampus I Uniku, Selasa (27/08/2024), yang dilatarbelakangi sebagai upaya untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

"KKN Universitas Kuningan pada tahun ini dibagi menjadi 3 macam, yang pertama ada KKN regular, KKN kelas karyawan dan KKN Kolaboratif,” jelas Kepala Bidang Pengabdian, Yayan Suryana. 

Disebutkan, jumlah peserta KKN secara keseluruhan dari Universitas Kuningan sebanyak 1190an, kemudian KKN Kolaboratif dari Universitas Kuningan 60 mahasiswa, Universitas Islam Al-Ihya 20, STKIP Muhammadiyah Kuningan yang sekarang merger dengan STIKES Muhammadiyah menjadi Universitas Muhammadiyah Kuningan 30 mahasiswa. 

"Maka kegiatan tersebut dinamakan KKN Kolaboratif, sehingga untuk total mahasiswa KKN Kolaboratif ada 110," sebutnya, seraya menambahkan, selain itu pula ada kerja sama KKN Uniku dengan Patriot Desa yang menempati 8 desa di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Anna Fitri Hindriana, mengatakan, KKN di sini tentu saja tidak hanya merupakan kewajiban akademik saja, tetapi ini merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa bersama-sama dengan masyarakat melakukan kegiatan pengembangan potensi di desanya masing-masing. 

Para mahasiswa di lokasi KKN tidak hanya mengangkat potensi tetapi juga mereka berusaha untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di desanya masing-masing.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala desa yang sudah menyambut dan menerima mahasiswa kami, sehingga mahasiswa kami bisa melaksanakan KKN ini dengan baik dan tentu saja menghasilkan karya yang baik," katanya. 

Diseminasi kegiatan KKN Expo ini berupa pameran produk KKN, penampilan musik, dana beberapa lomba, diantaranya, lomba DPL Tergavorit 1-3, Juara 1-3 Lomba Design Laporan, Lomba Laporan KKN Terbaik (3 orang), Juara 1-3 Lomba Poster, Juara 1-3 Lomba Video, HAKI dan Artikel Pengabdian.

Pj. Sekda Kuningan, Asep Taopik Rohman, mewakili Pj. Bupati Kuningan, mengucapkan terima kasih kepada segenap adik-adik KKN dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) karena telah menerapkan segala jenis keilmuaannya yang dimiliki dan diterapkan di masyarakat.

"Saya berharap keberadaan mahasiswa KKN ini sudah memberikan sumbangsih nyata bagi pengendalian potensi yang ada di desa. Barangkali ada yang bisa dijadikan destinasi wisata baru agar dapat dikembangkan, sehingga menjadi informasi baru bagi pemerintah," katanya. 

Nampak hadir, perwakilan Bappeda, Disdikbud, Disporapar, Disdukcapil, BNN, DPMD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Diskominfo, BPBD, Diskopdagerin, Patriot Desa, jajaran pengurus Yayasan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), jajaran pejabat struktural di Lingkungan Uniku, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), peserta KKN dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: deha. 

Diberdayakan oleh Blogger.