Warga Ingin Yanuar Prihatin Lanjutkan Pemikiran Aang Hamid Suganda

 


KUNINGAN (KN),- Warga Kelurahan Awirarangan, Kecamatan Kuningan, H.R. Ayip Syarif Rahmat, berharap kepada Yanuar Prihatin ketika nanti sudah dilantik menjadi Bupati Kuningan hasil Pilkada Serentak 27 November 2024, agar melanjutkan pemikiran Almarhum Aang Hamid Suganda yang merupakan Bupati Kuningan periode 2003–2008 dan periode 2008–2013.

"Saya bicara soal pemikiran Pak Aang Hamid Suganda bukan keturunannya. Kenapa ini harus diperjelas agar masyarakat tidak salah paham dengan ucapan saya," kata Kang Ayip kepada kamangkaranews.com di rumahnya, Rabu (17/7/2024) malam. 

Ia mengetahui dari media bahwa Yanuar Prihatin saat ini masih menjadi anggota DPR RI Fraksi PKB dari Daerah Pemilihan Jawa Barat 10 (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran) maju sebagai Calon Bupati Kuningan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan sudah mendapat surat tugas dari DPP Partai Demokrat dan DPP PPP. 

Ia meyakini figur Yanuar Prihatin bisa membawa perubahan bagi kemajuan daerah dan masyarakat Kuningan karena sudah berpengalaman dalam pemerintahan sehingga dinilai sangat relevan mengikuti pola pikir dari Almarhum Aang Hamid Suganda. 

Menurut pensiunan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu, dulu ketika Kuningan dipimpin Bupati Aang akses jalan poros desa dan kecamatan semuanya dihotmik, meskipun APBD Kuningan waktu itu lebih kecil dibandingkan sekarang. 

Apalagi Yanuar Prihatin merupakan salah satu pimpinan Komisi II DPR RI tentunya mempunyai jaringan atau link  di level nasional sehingga sangat berpeluang untuk mendapatkan anggaran pembangunan dari luar Kuningan. 

Selama ini, imbuhnya, APBD Kabupaten Kuningan masih terbatas dan porsi anggarannya lebih banyak untuk gaji pegawai, sedangkan infrastruktur dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang menjadi barometer Indek Pembangunan Manusia (IPM) relatif sedikit. 

Kendati APBD Kabupaten Kuningan belum bisa optimal untuk membiayai pembangunan infrastruktur namun ia percaya dengan pengalaman Yanuar Prihatin sebagai anggota DPR RI akan mampu "menggiring" bantuan keuangan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Insya Allah saya memilih Pak Yanuar Prihatin tapi dengan syarat harus memperhatikan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi serta akses jalan ke desa/kelurahan seperti yang dilakukan Almarhum Pak Aang Hamid Suganda," katanya. 

Senada dengan itu, warga Kelurahan Citangtu, Kecamatan Kuningan, Dedi Subardi, mengungkapkan, kondisi jalan poros desa antara Cibinuang-Citangtu kondisinya tidak memadai dan perlu diperbaiki. Padahal kedua desa/kelurajan itu termasuk Wilayah Administratif Kecamatan Kuningan yang notabene berada di pusat Pemerintahan Kabupaten Kuningan. 

"Ketika Kuningan dipimpin Bupati Pak Aang, jalan poros desa dan poros kecamatan semuanya dihotmik, hal itu menunjang akses transportasi bagi masyarakat, termasuk ekonomi para petani membawa hasil pertanian untuk dijual ke pasar atau ke tempat lain," ujarnya. 

Ia pun berharap, kepemimpinan Yanuar Prihatin sebagai Bupati Kuningan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga masyarakat Kuningan. Begitu pula pondok pesantren dan kesejahteraan para pengajar atau ustadz serta ustadzah honorer jangan sampai diabaikan. 

Terpisah, warga Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cigugur, Unah Kusnah bersama temannya Icih Sundarsih dan Een Rohani, mengatakan, majunya Yanuar Prihatin di Pilkada 2024 harus memperhatikan ekonomi dan kaum perempuan. 

"Ketika nanti sudah menjadi Bupati Kuningan, saya berharap Pak Yanuar Prihatin memperhatikan ekonomi dan kaum perempuan, harga sembako jangan mahal karena tingginya harga kebutuhan bahan pokok sangat dirasakan oleh kami kaum perempuan dan ibu rumah tangga," kata Unah diamini kedua temannya. 

Pewarta: deha.

Diberdayakan oleh Blogger.