Uniku Mewisuda 429 Mahasiswa



KUNINGAN,- Universitas Kuningan (Uniku) mewisuda 429 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai Program Studi (Prodi) dalam upacara wisuda ke-30 di Gedung Student Center (SC) Iman Hidayat Kampus I Uniku, Rabu (31/7/2024).

Kegiatan wisuda diawali upacara penyambutan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dapur Sastra (Dapsas) tersebut diikuti oleh 429 wisudawan/wisudawati.

Nampak hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM mewakili Pj. Bupati Kuningan, Ketua Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) beserta jajaran, Perguruan Tinggi di wilayah Ciayumajakuning, Pimpinan Bank Mitra serta tamu undangan lainnya.

Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, dalam sambutannya mewakili seluruh civitas akademika Universitas Kuningan mengucapkan selamat dan semoga ilmu yang pawa wisudawan/ti dapatkan selama belajar di Universitas Kuningan ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan bagi Bangsa Indonesia.

"Selama menjalani studi, status Saudara adalah mahasiswa. Sedangkan sesudah lulus, status adalah seorang sarjana. Jadi tidak ada dunia nyata, sebagai lawan dari dunia tidak nyata, yang ada adalah perbedaan status dan peranan, yang diikuti dengan perbedaan peranan, hak dan tanggung jawab," katanya. 

Dikatakan, mahasiswa dan sarjana adalah dua status yang berbeda. Dari perbedaan status tersebut, melekat peranan, hak dan tanggung jawab yang berbeda. Di lingkungan kerja pun, ketika teman-teman menjadi bawahan atau atasan, sebagai karyawan atau pimpinan, di sini teman-teman mengemban peranan yang berbeda lagi.

"Jadi, di sepanjang perjalanan hidup, kita akan memasuki lingkungan sosial yang berbeda-beda, memegang peranan yang berbeda-beda. Untuk bisa menempuh perjalanan tersebut dengan berhasil, kita perlu terus-menerus belajar (life-long learning). Tetapi ini saja tidak cukup, kita juga perlu terus menerus mengembankan karakter," jelasnya.

Tak lupa, Uniku juga berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada LLDIKTI IV atas penghargaan dan pembinaan, arahan, dorongan dan bantuannya kepada Universitas Kuningan.

"Universitas Kuningan sebagai perguruan tinggi yang handal di Provinsi Jawa Barat bagian timur saat ini telah memiliki 5 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana yang terdiri dari 21 Program Studi," sebut uKetua pengurus YPSAK, Uri Syam. 

Uri mengatakan, sebagai upaya peningkatan mutu Universitas Kuningan dalam pengelolaan otonomi perguruan tinggi baik pada tatanan akademik maupun non akademik terus dilakukan.

"Pada tatanan akademik yang menjadi prioritas adalah mendorong dan melanjutkan akselerasi jabatan akademik Guru Besar, Lektor Kepala, dan Lektor, mencetak semakin banyak dosen yang memiliki kualifikasi akademik S3," katanya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat Banten, M. Samsuri, mengucapkan selamat secara daring kepada para orangtua/wali dan keluarga wisudawan serta selamat juga kepada Universitas Kuningan.

"Sekali lagi semoga saudara semua sukses secara pribadi, mampu mendongkrak martabat dan citra keluarga, orangtua dan almamater tercinta dan saudara semua dipercaya di tengah masyarakat luas. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa membimbing kita untuk terus melanjutkan amal bakti kita dalam memajukan dunia pendidikan serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk sesama," ucapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Edi Martono, mewakili Pj. Bupati Kuningan, Iip Hidajat, mengatakan, dirinya yakin rekan-rekan wisudwan Universitas Kuningan akan menjadi bagian dari kegemilangan era Indonesia Emas.

"Salam perjuangan generasi muda, langkah saudara masih panjang, semangat saudara masih berkobar, jadilah generasi terbaik, dari Kuningan untuk Indonesia," pungkasnya.

Pewarta: deha. 


Diberdayakan oleh Blogger.