Tujuh Perguruan Tinggi di Kuningan Tandatangani MoU



KUNINGAN,- Tujuh perguruan tinggi di Kabupaten Kuningan, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan menjalin sinergitas dan kerja sama demi kemajuan bersama dalam bidang yang telah disepakati.

Dilansir dari Humas Universitas Kuningan (Uniku) MoU tersebut ditandatangani rektor, ketua dan direktur dari masing-masing perguruan tinggi di ruang rapat Rektorat lt. 2 Kampus I Uniku, Rabu (3/7/2024).

Disebutkan, tujuh perguruan tinggi dimaksud terdiri dari, Uniku, Universitas Islam Al-Ihya Kuningan (UNISA), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKes), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan (STKIPMKu), Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK).

Kemudian, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Kuningan (STIKMK), Polteknik Kesehatan KMC Kuningan dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuningan.

Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, mengatatakan, kerja sama ini sudah dimulai dengan meluncurkan KKN Kolaborasi yang akan dilaksanakan pada Juli 2024.

“Insya Allah nanti bulan Juli akan dilaksanakan KKN bersama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Kuningan. Mudah-mudahan ke depan banyak program-program yang bisa kita lakukan secara bersama,” katanya.

Dengan kerja sama ini, imbuhnya, yang lebih penting adalah bagaimana program-program yang terimplementasi, program-program nyata yang bisa ditindaklanjuti diantara perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Insya Allah kita bisa bersinergi, kita bisa berkolaborasi, dan tentu bisa sharing informasi di antara perguruan tinggi,” katanya.

Di tempat yang sama, Rektor UNISA, Nurul Iman Hima Amrullah, mengatakan, pada momen yang langka ini, bisa bertemu dan bersilaturahim. 

"Mudah-mudahan ke depan kita sesama perguruan tinggi yang ada di Kuningan bisa bersama-sama memajukan generasi Kuningan dan sekitarnya agar lebih baik ke depan," katanya.

Menurut Ketua STKIPMKu, Nanan Abdul Manan, menerangkan, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki di setiap perguruan tinggi jika dikolaborasikan akan menghasilkan dampak yang luar biasa untuk kemajuan Kabupaten Kuningan.

Ketua STIKKu, Abdal Rohim, mengucapkan terima kasih kepada Universitas Kuningan yang pad hari ini bisa dilaksanakannya MoU dengan beberapa perguruan tinggi, dirinya juga berharap mudah-mudahan Uniku semakin berkah ke depannya.

“Pada dasarnya kami ingin bersama-sama berkolaborasi untuk bisa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Kuningan, dan kami kira ini adalah hal strategis untuk bisa saling berkolaborasi dan juga saling berkontribusi,” ujar Ketua STAIKu, Dedy Setiawan.

Ketua STIKMK, Wawang Anwarudin, berharap mudah-mudahan MoU yang dilaksanakan ini bisa ditindaklanjuti dengan MoA pada masing-masing level, baik itu pada proses pembelajaran, penelitian, pengabdian maupun dalam inovasi.

Ketua STISHK, Mualim, mengatakan, mudah-mudahan momen yang bersejarah pada pagi hari ini bisa menjadi poin bagi semuanya, khususnya adalah perguruan tinggi yang ada di Kuningan untuk bisa memulai saling bersinergi, saling berkolaborasi, saling menguatkan antara satu dengan lainnya.

“Sadar kalau kita bukan pesaing, maka hari ini adalah perbincangan kami kemarin, menindaklanjuti bahwa kita bukan bersaing tapi di sini kita bisa bekerja sama, semoga setelah penandatanganan MoU kita bisa melakukan penandatanganan MoA atau PKS,” ucap Direktur Poltekes KMC, Sulaeman.***

Diberdayakan oleh Blogger.