Pariwisata Maju jika Pemimpin Berkomitmen dan Konsistensi Diri


KUNINGAN (KN),- Pariwisata di Kabupaten Kuningan akan maju jika pemimpin yang berkomitmen dan konsistensi diri. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Elon Carlan, kepada sejumlah jurnalis usai menghadiri acara Babarit ke-543 Kelurahan Winduherang, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Minggu (21/7/2024).




 
Dijelaskan, Babarit di tingkat desa, kecamatan atau kabupaten adalah bagian dari pelestarian nilai-nilai budaya maka tugas dia di Disporapar terhadap pelestarian nilai ini harus menjadi atraksi yang akan menjadi daya tarik wisata. 

"Kita di Disporapar sedang berupaya  agar atraksi Babarit atau Saptonan dan lainnya bisa dilihat dan dinikmati oleh orang dari luar Kuningan sehingga menjadi peluang pengembangan pariwisata," katanya. 

Misalnya Babarit di Kelurahan Winduherang bisa menjadi wisata sejarah termasuk wisata religi maka Disporapar akan membranding promosi event tapi harus didukung infrastruktur jalan yang memadai. 

"Ini tugas berat Disporapar untuk mempersiapkan infrastruktur jalan yang bagus sehingga pariwisata bisa berkembang. Bayangkan ke Winduherang saat ini jangankan kendaraan bis mobil kecil saja cukup kerepotan," katanya. 

Ia menampik kalau selama ini promosi pariwisata kurang maksimal. Menurutnya harus ada keseriusan visi daerah tidak terlepas dari political will orang nomor satu di Kuningan (bupati) dalam bentuk kebijakan regulasi anggaran karena Disporapar sebagai lembaga teknis hanya punya konsep dan saran. 

"Begitu pula legislatif harus punya visi yang sama dengan eksekutif mau mengembangkan potensi pariwisata Kuningan. Kuncinya adalah pemimpin berkomitmen dan konsistensi diri," harapnya. 

Pewarta: deha. 


Diberdayakan oleh Blogger.