Ketua PPDI Kuningan: Perangkat Desa Sehat Desa Pasti Hebat

Ketua PPDI Kabupaten Kuningan, Ade Sudirman (kanan). 


KUNINGAN (KN),- Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kuningan, Ade Sudirman, mengatakan, perangkat desa sehat desa pasti hebat. 

Hal itu dikatakan usai penutupan Pekan Olahraga Desa (Pordes) Cup I yang diselenggarakan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kuningan, dari 26-28 Juli 2024 di GOR Suranggajaya, Desa Margasari, Kecamatan Luragung, Minggu (28/7/2024) malam. 




Lebih lanjut dijelaskan, Pordes Cup I bertepatan dengan Harlah ke-18 sejak persiapan, pembukaan, pelaksanaan pertandingan hingga penutupan berlangsung baik sesuai harapan. 

"Pordes Cup I tahun 2024 yang diikuti 31 kecamatan dari 32 kecamatan minus Pancalang, antusias teman-teman luar biasa sehingga event ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahun antara bulan Juni-Juli," sebut Ade kepada kamangkaranews.com.

Event ini sangat baik untuk mempererat tali silaturahmi, intinya antar kecamatan saling mengenal sehingga bisa mempersatukan perangkat desa se-Kabupaten Kuningan. 

Selain itu pula, menghadapi Pilkada Serentak 2024 PPDI Kabupaten Kuningan ingin menunjukkan perhelatan demokrasi itu aman dan damai antara kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Kuningan. 

"Jikapun pelaksanaan pertandingan antar kontingen terdapat sedikit 'gesekan' itu hanya miskomunikasi saja tapi bisa diselesaikan. Saya juga mohon dukungan pimpinan daerah bahwa perangkat desa itu harus disatukan dengan olahraga," katanya. 

Kendati Pordes Cup tahun ini merupakan kali pertama dan acaranya serba mendadak, termasuk anggarannya dan ke depan PPDI juga akan mengevaluasi Pordes Cup I agar Pordes Cup II yang rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Darma bisa lebih maksimal. 

Begitu pula perizinan dari pengurus Cabang Olahraga (Cabor) meskipun perangkat itu bukan atlet tapi kalau memang aturannya harus dipertegas, PPDI akan mengikutinya karena untuk Pordes Cup I PPDI hanya diberi rekomendasi maka hal ini akan dievaluasi agar Pordes Cup II dipersiapkan lebih matang. 

"Termasuk perizinan dari Polres ini merupakan pembelajaran karena waktu yang mepet dan saya bertanggung jawab serta sudah menyampaikan ke teman-teman bahwa Pordes hanya pertandingan persahabatan jadi euforia yang berlebihan ataupun fisik sepakbola mohon dihindari karena kita sesama perangkat desa harus menunjukkan sikap yang baik dan menjunjung sportivitas," katanya. 

Pordes Cup I mempertandingkan lima cabor terdiri dari bola voli di GOR Suranggajaya, Desa Margasari, catur di SD Margasari, sepakbola di Desa Sindangsari dan Cirahayu, tenis meja di Desa Cirahayu, bulutangkis di Desa Luragung Landeuh dan Sindangsuka. Semua tempat pertandingan berada di wilayah Kecamatan Luragung. 

Pewarta: deha. 

Diberdayakan oleh Blogger.