Di Winduherang, Dua Monyet Ekor Panjang Melarikan Diri Saat akan Ditangkap Damkar




KUNINGAN,- Dua monyet ekor panjang (macaca fascicularis) liar yang masuk ke pemukiman warga Lingkungan Lingga Kamuning RT.04 RW.02, Kelurahan Winduherang, Kecamatan Cigugur, saat akan ditangkap petugas Pemadam Kebakaran, kedua monyet itu melarikan diri ke hutan milik warga, Selasa (9/7/2024). 

"Adanya dua monyet  itu masuk ke pemukiman warga setelah kami mendapat laporan dari pegawai Kelurahan Winduherang yaitu Pak Sugih (37)," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) Sat Pol PP Kabupaten Kuningan, Andri Arga Kusumah, dalam keterangan tertulisnya.

Terhadap laporan tersebut, lima anggota dari regu I UPT. Pemadam Kebakaran dan satu unit Randis Damkar pukul 09:15 WIB menuju lokasi, melakukan penanganan hingga pukul 10:25 WIB, namun kedua monyet itu melarikan diri ke hutan. 

Dijelaskan Andri, sebagaimana keterangan dari pelapor yang meminta bantuan melalui call center UPT Pemadam Kebakaran (0232) 871113 bahwa salah seorang warga setempat, Udi (60) memberitahukan ada dua ekor monyet datang ke pemukiman sejak dua hari yang lalu sehingga meresahkan warga lainnya. 

"Kedua monyet datang pada pagi sekira pukul 06:30 WIB dan siang antara pukul 13:30 WIB," kata Andri. 

Ia menyarankan, apabila warga masyarakat melihat atau menemukan monyet di pemukiman, jangan diberi makanan, menutup pintu dan jendela rapat-rapat serta lakukan pengusiran dengan cara memukul kentongan atau bunyi-bunyian.

Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.