UPT Damkar Evakuasi Biawak 1,5 M di Desa Kertayasa



KUNINGAN,- Seekor biawak (varanus salvator) sejenis kadal besar panjang ±1,5 meter di Dusun Manis RT.04 RW.02, Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, dievakuasi UPT Pemadam Kebakaran, Minggu (2/6/2024).

"Keberadaan biawak itu setelah kami mendapat laporan dan permintaan bantuan dari warga bernama Ibu Titi Susanti (46) melalui telepon ke call center (0232) 871113 pukul 13:00 WIB," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) Satpol PP, Andri Arga Kusumah, dalam keterangan tertulisnya.
 
Disebutkan, empat orang anggota regu III menggunakan satu unit Randis berangkat ke lokasi pukul 13:10 WIB, kemudian mengevakuasi biawak pukul 13;30 WIB dan selesai 13:45 atau
±15 menit.

Lebih lanjut Andri menjelaskan, berdasarkan keterangan pemilik rumah (Titi) saat itu anaknya yaitu Putri sedang duduk di ruang tamu, mendengar suara berisik di samping rumah yang biasa untuk tempat parkir sepeda motor.

Kemudian anaknya melihat ke arah sumber suara dan ternyata terdapat seekor biawak yang cukup besar. Lalu ia pun memberitahukan kepada ibunya yang selanjutnya menghubungi UPT Damkar meminta bantuan.

Proses evakuasi harus hati-hati selain gigitannya juga ekornya dapat mencambuk cukup keras apalagi biawak tersebut berukuran besar dan berada di antara tumpukan kayu. 

Bila dibiarkan atau tidak dievakuasi dikhawatirkan akan membahayakan dan mengganggu warga sekitar serta memakan hewan ternak warga.

"Biawak diamankan oleh anggota Damkar agar tidak dibunuh oleh warga dan tidak kembali memakan ternak warga, kemudian akan diserahkan ke pihak BKSDA untuk dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya atau kepada komunitas pencinta reptil.

Pewarta: deha.

Diberdayakan oleh Blogger.