Di Cangkuang Ular Sanca Muntahkan Mangsanya Dievakuasi Damkar


KUNINGAN,- Merasa terganggu ketika memangsa seekor angsa, ular sanca kembang (phyton reticulatus) panjang ± empat meter yang memuntahkan makanannya, dievakuasi anggota Pemadam Kebakaran, Selasa (11/6/2024).

"Itu terjadi di Lingkungan Lamepayung Cangkuang RT.06 RW.07 Kelurahan / Kecamatan Kuningan, ular tersebut akhirnya dievakuasi anggota kami dalam kurun waktu 10 menit," sebut Kepala Unit Pelayanan Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) Satpol PP, Andri Arga Kusumah, dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, pukul 07:00 WIB kantor UPT Damkar menerima laporan dan permintaan bantuan adanya ular sanca dari pemilik kandang angsa, Yoyon, melalui call center 0232) 871113.

Kemudian, tiga anggota Damkar dari regu II berangkat ke lokasi pukul 07:05, tiba pukul 07:10 WIB dan mengevakuasi ular sanca itu hingga pukul 07:20 WIB.

Menurut keterangan pelapor, sekira pukul 04:45 WIB pagi, ia mendengar suara berisik angsa (soang) dari kandang di belakang rumahnya.

Ketika diperiksa, ia melihat ada ular sedang memangsa angsa (soang) di halaman rumahnya yang berdekatan dengan kandang miliknya. 

"Karena kesulitan menangkap ular maka menghubungi UPT Damkar untuk meminta bantuan," kata Andri.

Ular itu diamankan oleh anggota Damkar agar tidak dibunuh oleh warga dan tidak kembali memakan ternak warga, kemudian akan diserahkan ke pihak BKSDA atau komunitas pencinta reptil untuk dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya.

Dilansir dari National Geographic, ular memuntahkan kembali mangsanya karena beberapa faktor yaitu makan terlalu banyak, merasa terganggu dan terancam serta suhu yang terlalu dingin.

Pewarta: deha.
Sumber: UPT Damkar.


Diberdayakan oleh Blogger.