Dua Ekor Monyet Liar Resahkan Warga Desa Suganangan



KUNINGAN,- Dua monyet ekor panjang (macaca fascicularis) liar yang masuk pemukiman sehingga meresahkan warga Dusun Pahing RT.05 RW.03, Desa Suganangan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan, lolos dari kejaran petugas Pemadam Kebakaran, Sabtu (8/6/2024).

Kepala Unit Pelayanan Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) Sat Pol PP, Andri Arga Kusumah, mengatakan, sebelumnya petugas Damkar menerima laporan dan permintaan bantuan dari Kasi Pem Desa Suganangan, Andi Supiandi, tentang keberadaan dua ekor monyet meresahkan warga.

"Pelapor menghubungi call center UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan (0232) 871113 dan menyebutkan dua ekor monyet itu masuk ke pemukiman sekira pukul 07:00 WIB," kata Andri.

Terhadap laporan tersebut, tiga anggota regu III dan satu unit Randis Resque Damkar berangkat ke lokasi pukul 08:40 WIB, tiba 09:10 WIB, mulai penanganan pukul 09:20 - 10:00 WIB.

"Karena monyet itu berada di atas pohon kebun warga menyulitkan untuk dilakukan penangkapan sehingga lolos dari kejaran petugas," katanya.

Menurut keterangan pelapor, sepuluh hari yang lalu ada dua  ekor monyet yang merusak tanaman dan jika ada orang lewat binatang itu suka mengejarnya.

Warga pernah melakukan pengusiran tetapi monyet itu datang lagi bahkan masuk ke permukiman warga pada pagi hari sekira pukul 07:00 dan sore pukul pukul 15:00 WIB.

Petugas Damkar memberikan edukasi kepada warga masyarakat apabila melihat maupun menemukan monyet di pemukiman, jangan mengganggunya apalagi memberi makanan, menutup pintu dan jendela rapat-rapat serta lakukan pengusiran dengan cara memukul kentongan atau bunyi-bunyian.

Pewarta : deha.


Diberdayakan oleh Blogger.